HIKMAH PUASA RAMADHAN

 


PUASA Ramadhan  mengandung hikmah, di antaranya untuk melatih kesabaran, meraih derajat takwa, dan menumbuhkan rasa empati, yakni merasakan penderitaan orang lain lantaran haus serta lapar.


🌺 TIDAK ada  yang mengetahui, apakah puasa Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan terakhir untuk kita. Karena itu,  perbaikan mental dan sikap diperlukan agar bulan suci tidak berlalu sia-sia. Jangan sampai momentum yang luar biasa ini tidak memberikan dampak positif minimal bagi diri sendiri.


🌺 ALLAH  berfirman (yang artinya), *_"Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan  atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”_*  (Q.S. Al-Baqarah: 183).


🌺 TUJUAN puasa  Ramadhan adalah untuk mencapai  ketakwaan (derajat takwa seseorang).  Kata takwa mencakup segala sesuatu yang dicintai dan diridhoi Allah, termasuk di dalamnya adalah meninggalkan  segala sesuatu  yang dilarang-Nya.


🌺 PUASA berarti menahan diri dari makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Dalam waktu berjam-jam, seorang  yang berpuasa sesungguhnya sedang bersabar. Karena itu, Ramadhan juga mengandung hikmah untuk melatih kesabaran.


🌺 DALAM Alquran Surah Al-'Asr dijelaskan bahwa manusia benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal salih serta saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. _*"Sungguh.  Manusia berada dalam kerugian,  kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran."*_


🌺 MENAHAN lapar dan dahaga adalah ciri orang yang berpuasa. Keduanya dapat menumbuhkan perasaan empati, yakni merasakan penderitaan orang lain.


🌺 PADA bulan-bulan biasa, kelaparan dialami oleh orang-orang yang sempit keadaan finansialnya. Adapun mereka yang berada, bebas bahkan tidak jarang kekenyangan.


🌺 MAKA, selama Ramadhan, jurang sosial antara si miskin dan si kaya kian sempit. Sebab, kaum yang jarang lapar menjadi terbiasa lapar selama sebulan penuh. Zakat fitrah yang diamalkan juga menjadi wujud kepedulian itu.


🌸 *_SEMOGA Allah   ridho menganugerahkan  kepada kita semua: kesehatan,  keselamatan,  rahmat, berkah, ampunan atas dosa-dosa kita, umur panjang, rezeki halal, serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*


.

Posting Komentar

0 Komentar