Bersyukur Ketika Menerima Musibah

ADALAH wajar, ketika seseorang mendapat nikmat dunia, apa pun bentuknya, mengucapkan ucapan syukur alhamdulillah. Akan tetapi, pernahkah kita mengucapkan rasa syukur ketika mendapat ujian, musibah atau kondisi yang tidak nikmat dengan kalimat syukur?_

🌺 TINGKAT tertinggi dalam menghadapi musibah yaitu seseorang malah mensyukuri musibah yang menimpa dirinya tersebut. Itulah yang didapati pada hamba Allah yang selalu bersyukur kepada-Nya.

🌺HAMBA Allah tersebut melihat bahwa di balik musibah dunia yang menimpanya, ada lagi musibah yang lebih besar yaitu musibah agama. Musibah agama lebih berat daripada musibah dunia. Sebab, azab (siksaan) di dunia masih lebih ringan dibandingkan siksaan di akhirat nanti. 

🌺 OLEH karena musibah dapat menghapuskan dosa, maka orang semacam itu bersyukur kepada Allah. *_“Tidaklah rasa capek, rasa sakit (yang terus-menerus), kekhawatian, rasa sedih, bahaya, kesusahan menimpa seorang muslim sampai duri yang menusuknya kecuali Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan musibah tersebut.”_* (H.R. Bukhari).

🌺BELUM lagi ketika Allah mencintai hamba-Nya. Maka akan diturunkan berbagai musibah kepadanya. 

🌺 INILAH hal yang mestinya patut disyukuri kembali bahwa ternyata seseorang yang tertimpa musibah sebenarnya sedang disayang Allah. *_"Sesungguhnya balasan terbesar adalah dari ujian terberat. Jika Allah mencintai suatu kaum, maka Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barangsiapa ridho, maka Allah pun ridho. Dan barangsiapa murka, maka baginya murka Allah.”_* (H.R. Tirmidzi).

🌺 MAKA, seyoginaya kita senantiasa tetap bersyukur pada setiap kondisi. Kita bersabar dengan rasa syukur.

🌺 SEBAB, semua yang terjadi adalah bentuk rasa kasih sayang Allah kepada setiap hamba-Nya. Kita pun ikhlas menerimanya karena balasannya amatlah besar, yaitu kebaikan dunia dan akhirat.

🌸 *_SEMOGA Allah ridha menganugerahkan kepada kita semua: kesehatan. keselamatan, rahmat (kasih sayang-Nya), berkah (bertambahnya kebaikan), ampunan atas dosa-dosa kita, umur panjang, rezeki halal, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar