Kecil namun tak terkalahkan

Walaupun kecil dan bertubuh mungil, tapi mereka tak terkalahkan, karena apa yang mereka lakukan patut menjadi contoh.

Hewan kecil bernama semut memang tak terkalahkan. Karena dengan berbagai macam keunikan nya, mereka menjadi hewan kecil yang tak terkalahkan.

Kenapa hewan kecil ini tak terkalahkan.

1. Ada di cerita nabi-nabi
Setidak nya semut ada dalam cerita 2 nabi, yaitu cerita semut yang membawa sebutir air untuk menolong nabi Ibrahim yang lagi di bakar. Walaupun dengan tubuh kecil, tapi keberanian nya membuat kita kagum, bahkan semut berkata "saya tau apa yang saya lakukan tidak membawa arti besar untuk memadamkan api yang membakar ibrahim, tapi setidak nya aku ingin Allah tau aku berpihak kepada siapa". 

Dengan keberanian nya, kita bisa tau bahwa tindakan semut menunjukkan kepada siapa ia berpihak.

Dan semut juga ada pada cerita nabi Sulaiman, bagaimana seekor semut mengatakan kepada semut-semut yang lain bahwa nanti ada pasukan berkuda yang akan lewat, maka masuklah ke sarang-sarang kalian, mendengar itu maka nabi Sulaiman pun bertasbih, dan memerintahkan pasukan nya berhenti agar semut bisa masuk ke sarang mereka. 

Semut selalu memberikan informasi kepada rekan-rekan nya terhadap apa yang akan terjadi. 

2. Tidak pelit
Semut adalah koloni yang selalu berbagi, ketika mereka menemukan makanan, maka mereka akan membawanya ke sarang mereka secara bersama-sama. Tidak pernah kita lihat dalam suatu tempat yang banyak makanan nya, hanya ada 1 atau 2 semut, tapi mereka akan selalu bersama untuk mendapatkan makanan

3. Saling percaya
Dengan tubuhnya yang kecil, mereka selalu bekerja sama dan saling percaya, mereka membagi tugas, sesuai porsi masing-masing, ada yang mencari makan, ada yang menjaga sarang, ada yang menjaga Ratu mereka, ada yang menyerang musuh ketika mereka terancam.

Dan itu mereka lakukan dengan asas saling percaya. Sehingga salah satu koloni terbesar di dunia saat ini adalah koloni semut.

Posting Komentar

0 Komentar