MENGAPA SYUKRON DIJAWAB 'AFWAN?



Kenapa di dalam bahasa Arab orang berterima kasih dengan mengucapkan kata SYUKRON kok dijawab 'AFWAN (maaf)? Jawabannya adalah, karena ada makna yang terkandung di dalamnya.

📚 Makna Pertama :

Kata 'AFWAN Bermakna ZIYADAH (tambahan).
Maksudnya saat kita diucapkan syukron, maka kita jawab 'afwan, artinya :

هذا العمل الذي فعلته قليل فأطلب منك العفو

Perbuatan yang kulakukan ini SEDIKIT/KECIL, karena itulah aku minta kepada anda TAMBAHAN (AFWU) .

📚 Makna Kedua :

Kata 'AFWAN Bermakna TARKU (meninggalkan).
Artinya :
عفوت عنك عفوا لاني لا استحق الشكر
Saya tinggalkan dirimu karena saya tidak berhak atas ucapan terima kasihmu.

📚 Makna Ketiga :

Kata 'AFWAN bermakna THOLAB (menuntut).
Artinya :
اعتفيتك إذا طلبت معروفك وفضلك

Saya meminta dan memohon kebaikan anda (atas terima kasih anda kepada saya).

📚 Makna Keempat :

Kata 'AFWAN bermakna FADHL (keutamaan) yang diberikan tanpa diminta.
Artinya :
أعطيتك عفواً من غير مسألة منك

Saya berikan keutamaan tersebut tanpa perlu anda minta... (maksudnya yang saya kerjakan itu murni bantuan tidak usah anda meminta saya untuk mengerjakan).

📚 Makna Kelima :

Kata 'AFWAN bermakna MAAF.
Seakan dikatakan :

عفوت عنك عفوا

Saya mohon maaf.. (karena saya tidak berhak diberi ucapan terima kasih, namun ALLAH lah yang berhak). Semua makna itu intinya sama yaitu sebagai bentuk tawadhu (kerendah hatian) kita saat diucapkan terima kasih, karena kita memang kita tidak layak menerimanya.

با رك الله لنا و لكم ولوالدينا ولوالديكم

Posting Komentar

0 Komentar