HIKMAH PENCIPTAAN SIANG DAN MALAM

 


ALLAH menetapkan  waktu  malam untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari.

Sebaliknya, Allah menetapkan waktu siang agar manusia menjalani berbagai aktivitas dan memenuhi kebutuhannya. Jika  tidak ada regulasi demikian, manusia bisa bekerja tanpa batas. Demikianlah Allah menunjukkan hikmah dengan adanya pengaturan siang dan malam.


🌺 BUMI  ini diciptakan oleh Allah sebagai tempat  layak untuk  tempat tinggal sementara bagi  manusia dan makhluk hidup lainnya. Dengan kebesaran-Nya, Allah menciptakan bumi yang berotasi dan berputar setiap waktu yang menyebabkan silih gantinya siang dan malam. 


🌺 DALAM banyak ayat-Nya, Allah telah memaparkan adanya pergantian dan pengaturan malam dan siang. Dengan regulasi itulah, kondisi kehidupan manusia pun berjalan silih berganti. 


🌺 HAL tersebut, sebagaimana firman Allah  ini (yang artinya). *_“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kami mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mendengar.”_* (Q.S. Yunus Ayat 67).


🌺 PADA Alquran Surah Al-Isra ayat 12 dijelaskan, *_“Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda. Lalu,  Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.”_*


🌺 YANG dimaksud pergantian siang dan malam tersebut adalah ada regulasi antara keduanya, saling melengkapi antara yang satu.dengan yang lainnya dalam jangka panjang dan pendek regulasinya. Terkadang waktu siang lebih panjang daripada malam dan sebaliknya.


🌺 ALLAH telah menciptakan siang dan malam secara teratur dan sistematis. Jika tidak,  kehidupan manusia akan kacau-balau.


🌺 BUMI ini berputar pada porosnya sekali dalam 24 jam dengan kecepatan 1.000 mil setiap jamnya. Seandainya bumi hanya mampu berputar pada porosnya dengan kecepatan 100 mil per jam, maka siang dan malam akan lebih dari 24 jam atau lebih lama 10 kali lipat. 


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa rida menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan, rahmat, kesehatan, kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar