KEJUJURAN MENGANTARKAN PADA KEBAIKAN



APAKAH di zaman seperti ini jujur malah hancur? Kadang kita  sudah berusaha untuk  jujur, tetapi kenapa  tiba-tiba berbohong. Bukankah bohong harus ditutupi dengan kebohongan? Sampai kapan kita  bisa jujur? Padahal, kejujuran itu mengantarkan pada kebaikan.


🌺 LAWAN jujur adalah bohong. Memang, berbohong itu mudah sekali dilakukan sehingga semua orang bisa melakukannya. Selain mudah, kadang berbohong juga menguntungkan meskipun hanya sementara. 


🌺 SEBALIKNYA, risikonya  berbohong sedemikian besar. Jika suatu saat kebohongannya itu ketahuan orang lain, maka kerugiannya tidak terbayangkan besarnya.  Orang yang tidak jujur tadi akan malu, bahkan kehilangan   kepercayaan dari orang lain.


🌺 SEBENARNYA, apakah yang disebut jujur? Jujur berarti berkata benar yang sesuai antara lisan dan apa yang ada dalam hati hingga membentuk keselarasan antara berita dengan kenyataan. 


🌺 ALLAH berfirman  (yang artinya),  *_"Hai  orang-orang  yang beriman!  Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama oråňƍ-orang  yang benar."_* ( QS : At-Taubah : 119 ).


🌺 MAKNA “benar” pada ayat di atas adalah jujur, berlaku jujur, terus berpegang pada sikap jujur. Pun pula, bersungguh menjadi orang jujur serta  menjauhi  perilaku dusta yang dapat mengantarkan pada kebinasaan. 


🌺NABI MUHAMMAD SAW bersabda (yang artinya), *_"Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur. Sebab, sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati hatilah kalian dari berbuat dusta. Sebab, sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantar kepada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta maka ia akan dicatat disisi Allah sebagai pendusta. "_* ( H.R. Muslim).


🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan, keselamatan,  umur panjang,  rezeki halal,  ampunan atas dosa-dosa kita,  rezeki halal,  serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar