MENJADI ORANG BAIK YANG SEBENARNYA

 

**


_KENAPA  harus  kita yang mengalah? Kenapa harus kita  yang bersabar? Kenapa  harus kita yang bermanis muka kepada orang lain? Kenapa  harus kita yang  selalu berbuat baik?_


🌺 YA, memang kita yang harus mengalah, bersabar, bermanis muka, giat bekerja, dan berbuat aneka kebaikan. Sebab,  kita ingin menjadi orang baik yang sebenar-benarnya dan sebaik-baiknya. Lantaran  kita tidak ingin hanya baik di angan-angan,  tetapi  baik dalam kenyataannya, baik di hadapan manusia, maupun  baik di sisi Allah.


🌺 ITULAH sebabnya,  orang baik harus beramal (berbuat) baik. Kalau beramal buruk berarti jadilah kita orang yang buruk atau jahat. Tentu kita inginnya jadi orang baik dan tidak ingin menjadi orang  jahat ( _Na'udzubillahi min dzalik_).


🌺 ALKISAH, seorang Sahabat Nabi Muhammad (Rasulullah) SAW bertanya, *_"Ya Rasulullah. Yang bagaimanakah orang yang baik itu?"_*


🌺 RASULULLAH SAW pun  menjawab, *_"Yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya."_*


🌺 SAHABAT Rasulullah SAW tadi  bertanya lagi, *_"Dan, yang bagaimana orang yang paling buruk (jahat)?"_*


🌺NABI MUHAMMAD SAW pun  menjawab, *_"Adalah orang yang panjang usianya dan jelek amal perbuatannya."_* (H.R. Ath-Thabrani dan Abu Na'im)


🌺 MEMANG,  kebaikan  itu  butuh perjuangan serta sering bertentangan dengan hawa nafsu dan keinginan kita. Berbuat baik memang harus mengalahkan sifat _ananiyyah_ (ego) kita. Sebab,  perbuatan baik itu juga balasannya sangat baik dan besar di sisi Allah.


🌺 MESKI begitu,  Allah tidak memaksa kita untuk menjadi orang baik. Bahkan,  soal keimanan pun, Allah memberi kebebasan kepada kita untuk memilih. 


🌺 YANG mau kafir silakan. Yang mau beriman, silakan beriman dengan sebenar-benarnya. Yang mau menjadi penjahat,  jadilah penjahat dan tunggulah pembalasan (azab)-Nya. Yang ingin berbuat _ikhsan_ (baik) berbuat ikhsanlah dengan jaminan bahwa perbuatan itu akan membuat kita meraih bahagia yang sejati lagi abadi.


🌺 MENJADI orang baik di mata Allah memang tidak mudah. Sebab, kita harus mulai dengan mengokohkan keimanan, mengendalikan hawa nafsu,  dan meneguhkan tekad untuk istiqomah di dalamnya.


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan,  rahmat, kesehatan, keberkahan, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita, serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar