BERHARAP MENJADI NEGERI YANG BERKAH

 


SEMUA orang berharap negerinya menjadi negeri yang berkah. Dengan keberkahan ini penduduk suatu negeri akan hidup aman, tenteram, damai,  makmur, subur, dipenuhi kebaikan dan kebahagiaan.


🌺 SECARA bahasa istilah berkah  berarti  bertambahnya nilai kebaikan.  Tentang keberkahan ini Allah  menegaskan, *_"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu. Maka, Kami siksa mereka disebabkan oleh perbuatannya.”_* (QS al-A’raf: 96).


🌺 KEBERKAHAN dalam ayat tersebut bermakna  diluaskan dan dimudahkannya berbagai macam kebaikan di seluruh penjuru negeri.  Syarat dan kunci utamanya  adalah iman dan takwa kepada Allah. Makna iman secara bahasa adalah percaya. Secara istilah iman berarti  membenarkan dengan hati, mengikrarkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan anggota badan. 


🌺 SEMENTARA itu, takwa dapat dimaknai, mengerjakan ketaatan dan perintah Allah serta meninggalkan kemaksiatan dan segala larangan-Nya. Tujuan takwa adalah untuk  mendapatkan rahmat dan keridhoan Allah serta terhindar dari siksa-Nya. 


🌺 ADA berbagai macam keutamaan dari iman dan takwa yang juga merupakan bagian dari bentuk keberkahan. Di antaranya Allah akan memberikan _furqan,_ yakni pembeda antara kebenaran dan kebatilan. 


🌺 BERIKUTNYA, Allah menjadikan jalan keluar dari setiap permasalahan, memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Pun pula Allah menjadikan segala urusannya menjadi mudah.   Namun sebaliknya, kemaksiatan, kufur nikmat, dan kezaliman yang merajalela akan mencabut keberkahan dari suatu negeri itu sendiri. Allah pun  menggambarkan keberkahan di dalam Alquran. 


🌺 ALLAH gambarkan keberkahan dengan memberikan sebuah perumpamaan. Yakni  tentang sebuah negeri yang awalnya penuh berkah, kemudian berubah menjadi sengsara karena kemaksiatan yang dilakukan oleh penduduknya. 


🌺 HAL tersebut sesuai dengan firman-Nya  *_“Dan Allah telah membuat perumpaan sebuah negeri yang dahulunya aman, tenteram, rezekinya datang melimpah ruah dari setiap tempat. Akan tetapi, karena penduduknya mengingkari nikmat Allah, maka Allah merasakan bencana kelaparan dan ketakutan sebab ulah perilaku mereka sendiri."_*  (Q.S. An-Nahl: 112). 


🌺 SALAH satu upaya untuk menegakkan keimanan dan ketakwaan adalah dengan menghidupkan gerakan amar makruf dan nahi mungkar. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai macam elemen baik keluarga maupun masyarakat, seperti organisasi masyarakat, lembaga pendidikan, pondok pesantren, dan lain-lain. 


🌸 *_SEMOGA Allah   senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan, keselamatan, rahmat, berkah, umur panjang penuh, rezeki halal, serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*


Posting Komentar

0 Komentar