MENJADIKAN KEGAGALAN SEBAGAI BAHAN INSTROPEKSI DIRI

 


KEGAGALAN  bisa dijadikan sebagai bahan introspeksi diri. Apakah ikhtiar kita sudah maksimal. Apakah kegagalan itu merupakan puncak dari sebuah gunung es kesalahan. Jika tidak diatasi dengan segera, kesalahan tersebut akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.


🌺 KEGAGALAN merupakan hal yang manusiawi dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Orang sukses pun pasti mengalami jatuh bangun dan pahitnya sebuah kegagalan.  Di balik pahitnya kegagalan pasti banyak jalan dan kesempatan untuk meraih manisnya kesuksesan. Namun, sebagian orang memandang kegagalan sebagai akhir dari segalanya. 


🌺 SEBAGIAN orang tersebut   cenderung berputus asa dan larut dalam kekecewaan. Petakanya, efek dari kegagalan menjadikan mereka stres dan melakukan hal-hal negatif karena pandangan tentang kegagalan yang salah. 


🌺 KEYAKINAN kita akan sukses dan gagal mempengaruhi seberapa gigih usaha yang kita lakukan dalam mencapai tujuan. Usaha yang tidak maksimal tentu akan berujung pada kegagalan yang berulang-ulang.  Banyak orang berusaha menghindari kegagalan. Dalam organisasi pun begitu. Saat terjadi kegagalan, banyak orang kemudian mencari siapa yang harus bertanggung jawab. 


🌺 KEGAGALAN dianggap seperti aib dan jarang dibahas secara positif. Sikap dan reaksi seperti itu dapat menyebabkan orang takut berbuat.  Sebuah usaha tanpa kenal lelah serta berserah diri kepada Allah akan menuntun kita lebih dekat dengan keberhasilan. 


🌺 PADAHAL, kegagalan itu dapat memotivasi kita untuk terus mencoba dan menjadikannya sebagai kekuatan. Selain itu, kegagalan mestinya membuat kita terlatih untuk lebih berani mengambil risiko, berpikir lebih kreatif hingga menemukan solusinya.


🌺 SEJATINYA, ada solusi bagi setiap permasalahan hidup manusia termasuk dalam hal menyikapi kegagalan. Allah  menegaskan, *_“Dan, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.”_* (Q.S. Az-Zumar: 53). 


🌺 BELAJAR dari suatu kesalahan perlu ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan. Analisis kegagalan yang hanya menyalahkan prosedur normal atau bahkan mencari pembenaran tidak akan membawa manfaat apa-apa jika tidak ditindaklanjuti dengan  perbaikan. 


🌺 JADI, sebenarnya pola pikir mengenai kegagalan perlu ditinjau kembali. Kegagalan tidak selalu buruk.  Bisa saja kegagalan yang kita alami justru merangsang perubahan dan mendorong lahirnya upaya-upaya yang mengantarkan kita menuju kesuksesan di masa mendatang.


🌸 _*SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan.*_

Posting Komentar

0 Komentar