SELAGI BELUM MAMPU BERBUAT BAIK, SETIDAKNYA JANGAN BERBUAT JAHAT



_ALLAH memerintahkan manusia agar berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Kebaikan tersebut bisa menjadi  bekal menunju akhirat karena dunia ini sebagai tempat untuk investasi menuju alam keabadian. Itulah sebabnya, selagi belum atau tidak mampu berbuat baik, setidaknya jangan berbuat jahat._


🌺 RAHMAT (kasih sayang)   Allah senantiasa diperuntukkan  bagi siapa pun yang tulus menyebarkan kebaikan kepada orang-orang di sekitarnya.  _*"Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."*_ (Q.S. Al-A’raf: 56).  

 

🌺 AYAT  tadi dapat dimaknai  bahwa berbuat baik akan mendatangkan kasih sayang (rahmat) dari Allah  di dunia maupun akhirat. Melakukan perbuatan baik akan membuka pintu kebahagiaan, kesehatan, dan  ketenangan hati, dan langkah  untuk mendekatkan diri untuk  meraih rahmat Allah. 


🌺 SETIAP amal manusia akan dibalas oleh Allah sesuai  dengan  yang ia lakukan tanpa mengubah sedikit pun. Ini menunjukkan bahwa Allah Maha Adil  dan tidak akan menzalimi hamba-Nya. 


🌺 JIKA seorang berbuat kebaikan, ia akan melihat pahala kebaikannya. Sebaliknya, orang yang berbuat kejahatan, ia akan mempertanggungjawabkan  kejahatannya.


🌺 ALLAH berfirman, *_“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan."_*  (Q.S. Yasin ayat 65)


🌺 PERIHAL seseorang  belum mampu berbuat kebaikan, setidaknya jangan berbuat kejahatan.  Dalam hal ini, keimanan merupakan pondasi amal perbuatan yang harus menjadi acuan. Tanpa keimanan,  manusia akan kehilangan arah dan tujuan hidupnya menjadi kurang bergairah bahkan dirinya cepat emosi termakan amarah.


🌺 HIDUP di dunia ibarat sebuah kompetisi.  Ada yang akan menjadi pemenang, juga ada yang akan tersingkir dari pertandingan. Semua orang berusaha agar dirinya menjadi seorang pemenang dengan bekal ilmu dan persiapan yang matang.


🌸 *_SEMOGA Allah menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan dan  rahmat, kesehatan dan kebahagiaan, umur panjang penuh berkah, rezeki halal,   ampunan atas dosa-dosa kita, serta  kemudahan mengarungi kehidupan dunia._*

Posting Komentar

0 Komentar