KARENA HANYA KELEDAI YANG JATUH KE LUBANG YANG SAMA DUA KALI, MAKA JANGAN SEPERTI BINATANG ITU


KITA mungkin  pernah  mendengar pepatah, *"Hanya keledai yang jatuh di lubang yang sama   dua kali".*  Pesan pepatah itu,  jangan sampai kita mengulang kesalahan yang sama di lain waktu. Kalau sampai terjadi, berarti kualitas berpikir kita dalam menganalisis  peristiwa lebih rendah daripada  keledai.


🌺 HANYA keledai yang jatuh ke lubang yang sama dua kali. Pepatah tersebut tentu sudah akrab  di telinga kita. Meskipun belum pernah mengucapkannya, setidaknya kita pernah mendengar dan membacanya.


🌺 PEPATAH tersebut merupakan tamsil atau perumpamaan  kebodohan seseorang yang tidak mau mengambil hikmah dari kesalahan yang sama yang telah diperbuat.  Orang tersebut  diibaratkan sama dengan keledai.


🌺 ITULAH sebabnya,   kita dilarang berperilaku layaknya keledai. *_“Seorang mukmin (orang beriman) tidak akan masuk ke dalam lubang yang sama dua kali.”_*   (H.R. Bukhari,  Muslim,  Abu Daud,  Ibnu Majah, Ahmad, dan  Darimi).


🌺 KARENA itu, kita harus tuntas dalam menyelesaikan suatu masalah  dengan merunut sampai ke akar permasalahannya. Dengan demikian,  penyebabnya bisa ditemukan agar tidak timbul lagi masalah dengan penyebab serupa. 


🌺 SEJATINYA, kita diajarkan untuk belajar dari masalah yang pernah  kita alami  sendiri agar tidak terulang melakukan kesalahan yang sama. Itulah sebabnya, orang  cerdas tidak mungkin berbuat kesalahan atau dosa yang sama dua kali. 


🌺KETIKA  seseorang  berbuat kesalahan, ia harus dan terus berhati-hati. Itulah sebabnya, tidak baik baginya untuk lalai dan jatuh lagi dalam kesalahan dan teperdaya dalam kejahatan yang sama. 


🌺 ITULAH  sebabnya,   kita  diingatkan  untuk selalu berhati-hati, waspada, teliti, serta tidak lalai (lengah). Jika lalai, kita  bisa terperosok, tertipu terpedaya, atau tertipu sehingga jatuh di lubang yang sama,  *_“dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.”_*  (Q.S. Al-A’raf: 205).


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*


Posting Komentar

0 Komentar