BERSYUKUR KETIKA TERKENA MUSIBAH?

 


ADALAH  hal  yang wajar  ketika seseorang mendapat nikmat dunia apa pun bentuknya selalu bersyukur. Misalnya,  dengan mengucapkan  alhamdulillah.  Akan tetapi,  pernahkah kita mengucapkan rasa syukur ketika mendapat ujian, musibah,  atau kondisi yang tidak nikmat dengan kalimat syukur?


🌺 SEJATINYA,  tingkatan tertinggi dalam menghadapi musibah adalah ketika seseorang malah mensyukuri musibah yang menimpa dirinya tersebut. Keadaan seperti itulah  yang didapati pada hamba Allah yang selalu bersyukur kepada-Nya.


🌺 HAMBA Allah tersebut melihat bahwa di balik musibah dunia yang menimpanya,  ada lagi musibah yang lebih besar yaitu musibah agama.  Tentu saja,  musibah agama  lebih berat daripada musibah dunia. Sebab, azab (siksaan) di dunia tentu saja masih lebih ringan dibandingkan siksaan di akhirat nanti.


🌺 LANTARAN  musibah dapat menghapuskan dosa, maka orang semacam itu  bersyukur kepada Allah. Sebab,  dia telah mendapatkan tambahan kebaikan. 


🌺 HAL itu,  sebagaimana sabda Nabi Muhammad (Rasulullah)  SAW (yang artinya), *_“Tidaklah seorang mukmin tertimpa suatu musibah berupa rasa sakit (yang tidak kunjung sembuh), rasa capek,  rasa sedih, dan kekhawatiran yang menerpa, melainkan dosa-dosanya akan diampuni."_*  (H.R. Muslim).


🌺 BELUM lagi   ketika Allah  mencintai hamba-Nya.  Maka, akan diturunkan  musibah kepadanya.  Ini  mestinya  disyukuri  lantaran  seseorang yang tertimpa musibah sejatinya sedang disayang Allah. 


🌺 HAL terebut berdasarkan sabda RASULULLAH SAW   (yang artinya), *_“Sesungguhnya balasan terbesar adalah dari ujian terberat. Jika Allah mencintai suatu kaum,  Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barangsiapa ridho,  Allah pun ridho. Dan, barangsiapa murka, maka baginya murka Allah.”_*  (H.R. Tirmidzi)


🌺 ITULAH sebabnya, seyogianya  kita  senantiasa tetap bersyukur  pada setiap kondisi, bersabar dengan rasa syukur. Sebab, semua yang terjadi adalah bentuk rasa sayang Allah  kepada  hamba-Nya, dan ikhlas menerimanya karena balasannya amatlah besar, yaitu kebaikan dunia dan akhirat.


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar