TOMBO ATI DI BULAN SUCI

 🍃🌹 ** 🌹🍃


_*TOMBO ati iku limo perkorone. Kaping pisan moco Kuran lan maknane. Kaping pindo solat wengi lakonono. Kaping telu wong kang soleh kumpulono. Kaping papat wetengiro ingkang luwe. Kaping limo dikir wengi ingkang suwe. Salah sawijine sopo iso ngelakoni. Mugi-mugi Gusti Allah nyembadani*_


🌺 SYAIR lagu di atas adalah syair lagu berbahasa Jawa. Jika syair lagu di atas diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, hasilnya adalah seperti yang di bawah ini. 

 

🌺 _"OBAT hati itu ada lima. Yang pertama, membaca Alquran dan maknanya. Yang kedua, mendirikan salat malam. Yang ketiga, berkumpul dengan orang salih. Yang keempat, memperbanyak berpuasa. Yang kelima, berlama-lama zikir malam. Salah satunya siapa bisa menjalani. Moga-moga Allah mencukupi._"


🌺 KUTIPAN syair lagu di atas adalah syair lagu *_Tombo Ati._* Saking terkenalnya lagu itu, seorang penyanyi religi, menggubahnya ke dalam bahasa Indonesia hingga terkenal ke seantero Nusantara.


🌺 TERKAIT dengan siapa pencipta lagu itu, guru-guru kita memberikan informasi bahwa pencipta lagu itu adalah Sunan Bonang, salah satu wali sanga yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Riwayat lain menyebutkan bahwa pencipta lagu *_Tombo Ati_* tersebut adalah Sunan Kalijaga.


🌺 PADA bulan suci Ramadhan, pada umumnya seseorang cenderung lebih terdorong untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Walaupun demikian, perintah untuk selalu bertakwa kepada Allah serta meningkatkan kualitasnya tidak mengenal tempat dan waktu. 


🌺 LIMA perkara tersebut, sebagaimana syair lagu di atas, dapat kita amalkan saat bulan suci Ramadhan kali ini untuk meningkatkan ketakwaan kita dan meningkatkan kualitasnya. Hal itu, sekaligus dapat menjadi resep obat hati agar kita terhindar dari sifat kerasnya hati.


✅ *Pertama,* membaca Alquran. Tentu tidak hanya membaca secara lisan, tetapi disertai memahami maknanya. Membaca satu-dua ayat Alquran disertai pemahaman mendalam (dan berusaha mengamalkannya) jauh lebih baik daripada membaca sepuluh ayat, tetapi hanya sekadar membaca tanpa disertai pemahaman.


✅ *Kedua,* menahan lapar atau berpuasa. Dalam waktu bersamaan kita berada dalam bulan Ramadhan, yang di dalamnya kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Hal itu sebagaimana pesan Alquran ini, *_"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."_* (Q.S. Al-Baqarah ayat 183).


✅ *Ketiga* dan *keempat* dapat dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, yaitu mendirikan salat malam (salat tarawih) dan dilanjutkan dengan merendahkan diri ‘di hadapan’ Allah (berzikir) pada sepertiga malam terakhir (waktu ahar/sahur).


✅ *Kelima,* berkumpul dengan orang-orang salih. Tidak dipungkiri bahwa manusia akan dipengaruhi oleh karakternya dengan siapa ia bergaul atau berkumpul. Maka, berkumpul dengan orang salih adalah salah satu dari cara memperbaiki diri.


🌸 _*SEMOGA Allah ridho menganugerahkan kepada kita semua: kesehatan, keselamatan, rahmat, berkah, ampunan atas dosa-dosa kita, umur panjang, rezeki halal, dan kemudahan mengarungi kehidupan.*_

Posting Komentar

0 Komentar