BERSYUKUR ATAS SETIAP NIKMAT (Grateful for all the favors)

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh

If we are grateful for what we have, we are one step up to happiness
{"Jika kita mensyukuri apa yang kita miliki, kita telah selangkah sampai pada kebahagiaan"}

Nikmat Allah Swt yang dianugerahkan kepada kita dalam bentuk ampunan, kasih sayang, kecukupan, petunjuk, rezeki, kemudahan, kelapangan, kebahagiaan, kebaikan hubungan dengan orang lain, dan bentuk - bentuk lainnya.

Orang yang berfikir positif merespons setiap kenikmatan yang dianugerahkan Allah Subhanahu Watha'allah. dengan mengucapkan "Alhamdulillah" dengan tulus dan memanfaatkannya untuk hal - hal yang dicintai Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى‎. Berapapun rezeki yang ia terima, ia bersyukur. Bila menerima sedikit, ia bersyukur bahwa Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى‎ masih memberinya rezeki. Ia memohon kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى‎ agar memberinya barakah dan mencukupkan dengan yang sedikit itu. Ia tidak pernah mengatakan, "kok, cuma segini yang aku terima," atau " kenapa tetanggaku sebelah mendapat lebih banyak padahal aku kerjanya lebih keras."

Demikian pula ketika naik pangkat, mendapat rapelan, anaknya diwisuda dan menjadi orang shaleh, menerima kunjungan orang - orang yang dicintai, dapat membeli rumah, sembuh dari covid 19,  diselamatkan dari bahaya dan fitnah dunia serta nikmat lainnya, ia syukur kepada Allah Swt. atas segala anugerah yang ia peroleh itu.

Syukur membawa keberlimpahan sesuai janji Allah Swt,

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"And (remember also), when your Lord declares:" Verily, if you give thanks, surely we will add (favor) to you, and if you deny (my favor), then in fact My punishment is very painful ".
Artinya :
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Qs. Ibrahim : 7)

Syukur adalah sikap yang memberikan akibat datangnya kenikmatan yang lebih besar. Semakin pandai bersyukur, keberlimpahan hidup semakin dekat. 
terlampau banyak nikmat Allah Swt untuk kita. Dan Allah berfirman, 

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"And if you count the blessings of Allah, surely you cannot determine the amount. Surely Allah is truly Forgiving, Most Merciful."
Artinya :
"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Qs. An - Nahl : 18)

Sayangnya banyak orang tidak mensyukurinya dan kalang kabut ketika nikmat itu dicabut, selagi nikmat itu belum dicabut, marilah kita semuanya menjadi hamba Allah Swt yang pandai bersyukur.

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA IEDUL ADHA 1441 H

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh.

Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

Posting Komentar

0 Komentar