AIR UNTUK KESEHATAN TUBUH

 


_MANFAAT dan potensi dahsyat air  telah disebutkan dalam Alquran. Tanpa air, akan terhentilah sistem kehidupan.  *“Dan dari air, Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka, mengapakah mereka tiada juga beriman?”* (QS.  Al-Anbiya ayat 30)._


🌺 UNTUK sehat sejatinya tidak sulit. Seluruh ciptaan Allah yang diperuntukkan bagi manusia hakikatnya baik. Sebut saja, air putih atau air mineral, yang biasa dikonsumsi setiap hari. Secara medis air putih terbukti ampuh dalam menjaga stabilitas kesehatan tubuh.


🌺 AIR tergolong mudah didapatkan dan mengandung zat penting yang dibutuhkan tubuh. Namun,  kesadaran dan kemauan manusia modern untuk minum air putih sesuai dengan anjuran medis masih juga belum menggembirakan.


🌺 UMUMNYA air putih masih digunakan sebatas sebagai pelepas dahaga sehingga manfaat air putih belum dapat dirasakan secara optimal. Padahal, selain melepas dahaga, air putih pun bisa memelihara dan menyetabilkan kesehatan tubuh, sekaligus mengobati beragam penyakit.


🌺 PENYAKIT akibat ketidaksempurnaan metabolisme, misalnya, bisa diterapi dengan lebih banyak minum air putih. Karena metabolisme berperan besar dalam memelihara kesehatan tubuh, maka kita harus senantiasa meningkatkan kualitas dan kelancaran metabolisme.


🌺 MELALUI metabolisme,  zat makanan dapat diolah secara maksimal. Dengan demikian, makanan yang  dikonsumsi oleh tubuh benar-benar memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh pun  membutuhkan air untuk proses pembakaran kalori. Jika tidak, tubuh kekuranga air sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). 


🌺 APABILA tubuh kekurangan air dibiarkan berlarut-larut, maka akan memicu pelambatan sistem kerja metabolisme. Oleh karena itu, seyogianya kita perbanyak minum air putih. Sebab,  air putih bisa memperlancar sistem pencernaan dan memperlambat tumbuhnya zat pemicu kanker.  Kekurangan  minum air putih,  bisa menyebabkan tubuh semakin kering dan berkerut. Dengan banyak minum air, kelembaban kulit dapat terjaga, sekaligus menyehatkannya.


🌺 MEMANG, manusia  bisa tidak makan. Akan tetapi, manusia jangan sampai tidak minum.  Sebab, hal itu  akan berujung pada kematian. Orang bisa bertahan hidup sampai beberapa hari tanpa makan, tetapi bisa meninggal gara-gara tidak minum selama berhari-hari.


🌺 PERLU disadari bahwa air begitu penting dan tubuh amat bergantung padanya selama proses biologis berlangsung. Itulah  sebabnya, mengapa Nabi Muhammad  SAW tetap menganjurkan orang yang berpuasa untuk  tetap bangun sahur dan bersegera untuk berbuka walau hanya dengan minum air putih saja.


🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa ridho menganugerahkan kepada kita semua: kesehatan, keselamatan, rahmat, berkah,  rezeki halal, umur panjang, ampunan atas dosa-dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar