MEMAKNAI KEKALAHAN SEBAGAI PERINGATAN DARI ALLAH

 


KITA sering mengatakan bahwa kekalahan merupakan  kemenangan yang tertunda. Mungkin ada langkah-langkah kita yang salah. Atau, mungkin juga kekalahan ini merupakan  peringatan  dari Allah agar kita bisa mawas diri dan menemukan yang lebih baik.


🌺 SETIAP kejadian di alam raya ini  adalah  atas  kehendak dan izin Allah, termasuk   kemenangan dan kekalahan.   Bahwa kekalahan  itu mengandung hikmah, terutama agar kita  tidak menjadikan dunia sebagai tujuan hidup, perlu kita renungkan. Akhirat lebih baik, lebih utama, dan lebih kekal untuknya.


🌺 SILIH bergantinya siang dan malam, kemenangan dan kekalahan, dan terjadinya perubahan menunjukkan kuasa Allah Sang Pencipta dan Pengatur Alam Semesta. Pun pula, hal itu menunjukkan  keterbatasan kita sebagai manusia. 


🌺 MENGENAI kekalahan, Allah telah menjelaskan hakikat dan hikmahnya. Bahwa kemenangan di dunia itu dipergilirkan dengan kehendak-Nya. 


🌺DUNIA ini Allah berikan kepada orang beriman dan kafir.  *_"Dan, masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir)."_*  (QS. Ali Imran: 140).


🌺 DENGAN kekalahan, Allah memberi kesempatan kepada sebagian orang  meraih kesyahidan dan bagi sebagian lainnya, pahala tanpa batas atas kesabaran. Oleh sebab itu, jangan terlalu bersedih dengan kondisi sulit yang dialami.  


🌺MEMANG,  kekalahan akan dirasakan sangat menyakitkan. Lalu, mengapa kita tidak mengambil hikmahnya? 


🌺BUKANKAH kekalahan itu merupakan suatu kemenangan yang tertunda? Mungkin ada langkah-langkah kita yang salah, atau mungkin juga ini peringatan Allah agar kita bisa mawas diri dan menemukan yang lebih baik. 


🌺 JELASLAH, bahwa kekalahan  itu mengandung hikmah ilahiah yang agung. Terutama, agar kita  tidak menjadikan dunia sebagai tujuan hidup dan perjuangannya. Akhirat lebih baik, lebih utama, dan lebih kekal untuknya.


🌸 *_" SEMOGA Allah senantiasa  ridho menganugerahkan  kepada kita semua: kesehatan,  keselamatan, rahmat, berkah,  umur panjang, rezeki halal, ampunan atas doa-dosa kita,  serta kemudahan mengarungi kehidupan._*


Posting Komentar

0 Komentar