ANCAMAN TERHADAP TUKANG FITNAH

 

_DALAM  politik, fitnah mengalami persesuain kata dengan “kampanye hitam”. Fitnah yang dibungkus dalam kampanye hitam tersebut  sangat dibenci dan dikutuk Allah. Allah menjanjikan neraka bagi tukang fitnah._


🌺 DALAM kehidupan sehari-hari,  ada seseorang yang suka menuduh orang lain tanpa bukti dan suka menyampaikan berita yang belum tentu kebenarannya tersebut ke publik. Perilaku tercela tersebut termasuk kategori perbuatan fitnah. Fitnah adalah perbuatan yang dilakukan dengan menuduh orang lain tanpa bukti dan belum tentu kebenarannya.


🌺 MUNGKIN di antara kita  pernah difitnah atau dituduh dengan tuduhan sebagai pembohong, egois, tidak bermoral,  dan tidak punya perasaan.  Atau,   kita  dituduh zalim, munafik, intoleran, radikal,  sesat, atau tuduhan-tuduhan lainnya. 


🌺 SEJATINYA,  menuduh dan memfitnah orang lain dengan sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang yang dituduh tadi  termasuk zalim dan  orang zalim akan mendapatkan  azab. *_“Barangsiapa berbuat zalim, niscaya akan merasakan azab yang sangat besar.”_*  (Q.S. Al-Furqan: 19).


🌺 MENUDUH adalah perilaku sangat tercela. Allah  berfirman (yang artinya), *_“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata."_*  (Q.S. Al-Ahzab: 58). 


🌺 ANCAMAN pada ayat di atas berbanding lurus dengan dampak yang ditimbulkan oleh sikap dan sifat menuduh. Secara individu, korban tersakiti dan rusak nama baiknya. 


🌺 KEBURUKAN memfitnah tidak berhenti pada level individu. Perilaku menuduh tanpa bukti dapat mengusik keakraban di tengah masyarakat. Bahkan, jika tidak diredam akan mengoyak persatuan dan kesatuan. 


🌺 ADA ancaman berlapis bagi orang yang menuduh tanpa bukti. Ada hukuman di dunia  dan ada pula hukuman di akhirat. 

Hukuman  di akhirat  adalah bahwa orang yang menuduh tersebut akan berhadapan dengan ancaman yang juga tidak kalah mengerikan. *_“Barangsiapa memfitnah saudaranya (dengan tujuan mencela dan menjatuhkan kehormatannya), Allah akan menahannya di jembatan Jahannam sampai ia bersih dari dosanya (dengan siksaan itu).”_* (H.R  Abu Daud).


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar