TIDUR PUN BISA BERNILAI IBADAH

 

*

_TIDUR merupakan karunia dari Allah yang luar biasa manfaatnya. Ada orang yang  susah tidur, gelisah, tidak tenang dalam aktivitas kesehariannya. Namun,  ada orang yang mudah lelap tidur. Tidur  itu bukan sekadar aktivitas rutin, melainkan bisa bernilai ibadah. Sebab, di dalam tidur terkandung rasa syukur kita kepada Allah._


🌺 BANYAK orang menganggap bahwa  tidur itu  merupakan kegiatan sepele. Bahkan, mereka mengabaikan waktu istirahat tubuh ini demi melakukan aktivitas  lain, seperti bekerja atau  mengerjakan tugas.


🌺 PERLU diketahui bahwa obat paling manjur yang Allah  karuniakan kepada kita secara gratis adalah  tidur.  Jika kepala pusing, flu,  atau demam, maka obatnya adalah tidur. 


🌺 SEHABIS tidur, biasanya seseorang merasakan badannya  jauh lebih baik (segar)  daripada sebelumnya. Kita  pun sering mendengar dokter berkata bahwa banyaklah istirahat (tidur) untuk mempercepat kesembuhan.


🌺 SEJATINYA, tidur itu merupakan  salah satu tanda kebesaran Allah. Ketika tidur, sebenarnya Allah mematikan sementara hamba-Nya dan ketika bangun Allah juga yang menghidupkan kembali.  *_“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari  dan usahamu mencari sebagian dari krunia-Nya...."_* (Q.S.  Ar-Rum : 23 ).


🌺 SESEORANG bisa tidur lantaran merasa lelah. Allah menjadikan siang dan malam untuk kepentingan manusia. Apa jadinya jika  kita tidak pernah bisa tidur dalam hidup ini?


🌺 TERNYATA,  Allah  menyiapkan waktu dan memberikan kemampuan manusia untuk beristirahat pada malam hari setelah melakukan aktivitas seharian. Ini merupakan karunia luar biasa yang jarang kita sadari.


🌺 PERIHAL dijadikannya  malam untuk istirahat (tidur) dan siang  untuk mencari karunia-Nya, Allah berfirman (yang artinya), seperti  yang di bawah ini.


✅ *_"Katakanlah (wahai Muhammad)! Bagaimana pendapatmu jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus-menerus sampai hari Kiamat. Siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu sebagai waktu istirahatmu? Apakah kamu tidak memperhatikan? Dan adalah karena rahmat-Nya, Dia menjadikan untukmu malam dan siang agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.”_* (Q.S. Al-Qashash : 72-73). 


✅ *_“Dan, Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.”_*  (Q.S. An-Naba': 9).


🌺 TIDUR pun dapat dinilai sebagai suatu ibadah sehingga diganjar pahala oleh Allah. Nabi Muhammad (Rasulullah) SAW bersabda (yang artinya), *_"Orang yang sudah berniat salat malam, tetapi kemudian ia tertidur, Allah tetap memberinya ganjaran pahala atas salat (yang telah diniatkannya itu). Tidurnya dinilai sebagai sedekah untuk dirinya.”_*  (H.R. Malik, Abu Dawud, dan An-Nasa'I).


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan,  rahmat, kesehatan, keberkahan, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar