MANFAAT AKHLAK YANG BAIK

 


KUALITAS manusia di mata Allah tidak diukur dari harta yang dimiliki, tetapi dari amal salih dan keikhlasan kepada-Nya. Amal salih banyak ragamnya. Selain berupa ibadah, ada pula yang berupa sikap, sifat, tingkah laku, karakter yang baik (akhlak). Akhlak yang baik seseorang akan memancarkan kebaikan terhadap sesama. Lalu, apa manfaat akhlak yang baik? Yuk… kita simak yang di bawah ini.


🌺 ALKISAH.  Seseorang datang menemui Nabi Muhmmad (Rasulullah) SAW, lalu bertanya, *_“Wahai Rasulullah, manusia seperti apakah yang paling baik?”_*


🌺RASULULLAH SAW pun menjawab, *_"Manusia yang paling baik akhlaknya.”_*  (H.R. Ahmad).


🌺RASULULLAH SAW sangat menekankan akhlak yang baik.  *_“Kebajikan itu ialah akhlak yang baik.”_*  (H.R.  Muslim).


🌺 DI akhirat, akhlak baik seseorang dapat memperberat timbangan amalnya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW (yang artinya), *_“Tidak ada yang lebih berat dalam mizan (timbangan amal di akhirat) kecuali akhlak yang baik.”_* (H.R. Abu Dawud).


🌺 ORANG berakhlak baik,  pahalanya setaraf dengan orang yang selalu berpuasa sunah dan salat sunah setiap hari, *_“Sesungguhnya orang yang berakhlak baik akan mencapai derajat orang yang gemar berpuasa (sunah) dan salat (sunah).”_* (H.R. Abu Dawud dari Abu Darda).


🌺 PUN pula,  orang berakhlak baik juga akan dicintai Rasulullah SAW dan di akhirat nanti ia berada dekat dengan beliau, *_"Orang yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat tempatnya denganku pada hari kiamat adalah yang paling bagus akhlaknya.”_*  (HR at-Tirmidzi).


🌺 ORANG  berakhlak baik pahalanya juga akan terus meningkat, sedangkan akhlak yang buruk akan makin membuat seseorang tercela. *_“Akhlak yang baik akan mengembangkan pahala pelakunya, sedangkan akhlak yang buruk akan membuat pelakunya tercela.”_* (H.R. Ahmad). 


🌺AKHLAK yang baik  mengandung manfaat. Di  antaranya

dapat menyelamatkan manusia dari kesengsaraan di dunia. *_“Empat hal yang apabila semuanya ada padamu maka hal-hal duniawi yang hilang dari dirimu tidak akan pernah menyengsarakanmu: menjaga amanah, bicara jujur, akhlak yang baik, dan makanan yang halal."_* (H.R. al-Hakim).


🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa ridho menganugerahkan kepada kita semua:  keselamatan, rahmat, keberkahan, kesehatan, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa-dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar