HIDUP ADALAH SENI MENGELOLA MASALAH


HIDUP adalah seni mengelola masalah. Tidak ada kehidupan yang bebas dari masalah. Hidup sering  tidak sesuai dengan apa yang direncanakan.  Bahkan, rencana yang dipersiapkan pun tidak jarang gagal.  Atas izin dan kuasa Allah, tidak ada masalah hidup yang tak dapat diselesaikan.


🌺 MANUSIA boleh berencana, namun Allah  yang menentukan ketetapan-Nya atas segala sesuatu.  *_“Dan, Tuhanmu menciptakan dan memilih apa yang Dia kehendaki. Bagi mereka (manusia) tidak ada pilihan. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”_*  (QS Al-Qashash: 68).


🌺JIWA manusia menjadi resah dalam menyikapi beragam masalah hidup lantaran sibuk mengurusi hal-hal yang telah ditetapkan Allah. Misalnya, apakah kita bisa makan esok hari?  Apakah kita bisa sembuh dari sakit berkepanjangan? Apakah rencana kita akan berhasil? 


🌺 SEGALA sesuatu yang telah diurus dan diatur  Allah, seperti persoalan di atas, kita tidak perlu sibuk  ikut campur. Mestinya kita menyikapi hal tersebut dengan tenang, ridho, dan  yakin bahwa pengaturan Allah pasti lebih baik daripada pengaturan  diri kita sendiri.


🌺 SEBAB, jika jiwa sudah ridho kepada Allah, pasti akan berserah, tunduk pada ketetapan-Nya. Kita pun patuh kepada perintah-Nya. *_“Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nya. Maka, masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.”_*  (Q.S. Al-Fajr: 27-30).


🌺 ATAS izin dan kuasa Allah, tidak ada masalah hidup yang tidak dapat diselesaikan. Manusia memiliki pilihan dengan  ikhtiar, doa, dan sikap tawakal dalam menyelesaikan masalah. Ketika ikhtiar dan doa  sudah dilakukan, tetapi hasilnya tidak sesuai harapan,  kita mesti berbaik sangka kepada Allah.


🌺SEBAB, apa yang kita inginkan belum tentu merupakan kebutuhan  terbaik kita. Allah  pun  Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk setiap hamba-Nya. 


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa-dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar