HIDUP MENJADI RUMIT AKIBAT MENGEJAR GENGSI KEDUNIAAN


_HIDUP di dunia ini penuh  keaneragaman karakter dan isinya,  membuat manusia terpana dan terpesona. Lebih-lebih di  era teknologi semakin mumpuni,  semua benda menjadi serba indah dan istimewa. Tentu tidak murah jika ingin mendapatkannya. Sebab dengan itu gengsi orang makin terukur dengan nilai kebendaan tersebut._


🌺JIKA kita tidak mampu  meraih gengsi, maka  semakin rumit segala yang ingin  kita dapatkan. Sebab,  gengsi itu mahal nilainya. Itulah sebabnya,  sederhanakanlah cara hidup, jika tidak ingin hidup menjadi rumit atau ruwet.


🌺 SIAPA pun  yang tidak menanamkan perasaan mulia dengan kemuliaan Allah,  jiwanya akan terputus. Barangsiapa pandangannya selalu mengawasi apa yang ada di tangan orang lain, ia selalu dirundung kesedihan. 


🌺 KESEDIHAN tersebut menandakan bahwa kehidupan orang tadi tidak baik. Agar kehidupannya baik, seseorang  seharusnya mengerjakan kebaikan (kebajikan).  *_"Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami (Allah) berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”_*  (QS. An-Nahl Ayat 97).


🌺 AYAT di atas merupakan janji yang pasti Allah tepati. Bahwa dengan amal salih, amal kebajikan,  yang dilakukan oleh orang beriman,  orang beriman tadi  pasti akan berada dalam kehidupan yang baik. 


🌺 ANDAIKATA orang beriman tersebut miskin, hidupnya pun akan tetap baik. Sebab, ia memiliki sikap rela atas rezeki yang didapat.  Sebaliknya, kehidupan orang yang durhaka tidak akan pernah baik. Andaipun orang durhaka tersebut kaya, hidupnya tetap tidak baik. Sebab,  kehidupannya dipenuhi oleh ambisi (ambisius) dan sikap resah.


🌺 SIKAP  ambisius  agar nilai gengsi dalam hidup seseorang  makin tinggi, bisa mencelakakan orang tersebut. Sebab, sikap ambisius lahir dari sikap tamak. Sifat tamak lahir dari dengki. Dengki lahir dari hasrat negatif. Hasrat negatif lahir dari sifat curang, kikir, dan bodoh.


🌺 AKIBATNYA, orang yang ambisius hanya menyisakan sedikit waktu untuk beribadah. Sebab, yang ada di dalam pikirannya adalah ambisi mendapatkan rezeki lebih banyak daripada yang sekarang ia dapat. 


🌺 MAKANYA, orang yang selalu rakus mengejar keduniawian  tidak mampu lagi memilah dan memilih mana yang perlu diprioritaskan dalam hidup ini dan mana yang tidak. Bahkan, ia lupa bahwa dunia hanyalah sarana untuk mencari ridho-Nya. Karena itu, hidupnya pun menjadi hina, serba kekurangan, dan tidak bahagia.


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan. keselamatan,  rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar