ANCAMAN SIFAT SOMBONG


_DOSA pertama yang diperbuat oleh makhluk adalah dosa kesombongan. Aktornya adalah  iblis yang menolak perintah Allah  untuk bersujud kepada Nabi Adam A.S. Hal itu terjadi lantaran iblis merasa lebih mulia daripada manusia karena  iblis diciptakan dari api, sedangkan Nabi Adam AS  diciptakan dari tanah. Akibat kesombongannya, iblis ditempatkan di neraka._


🌺DALAM pandangan  iblis, zat api lebih mulia daripada zat tanah.  Pada Surah Sad Ayat 76

 iblis berkata (yang artinya), *_“Aku lebih baik daripadanya. Sebab, Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah."_*


🌺 SELANJUTNYA, Allah pun  berfirman tentang kesombongan iblis tersebut (yang artinya), *_“Ingatlah) ketika Kami berkata kepada malaikat, ‘Sujudlah kalian kepada Adam,’ maka mereka bersujud kecuali Iblis. Ia enggan dan takabur. Ia termasuk golongan orang-orang yang ingkar.”_* (QS. Al Baqarah: 34).


🌺 KESOMBONGAN adalah dosa  paling membenci Allah. Dalam hadis Qudsi, Allah  berfirman (yang artinya), *_”Kesombongan adalah selendangku, dan keperkasaan adalah pakaianku, siapa yang mau menandingiku salah satu dari mereka, pasti akan Aku masukkan ia ke neraka.”_* (H.R.Abu Daud).


🌺 HADIS qudsi  tersebut, sebagai deklarasi bahwa yang berhak sombong adalah hanya Allah, selain-Nya hanya makhluk yang tidak berdaya. Maka, apa pun kehebatan makhluk tadi  tidak lain hanya karunia-Nya. 


🌺NABI MUHAMMAD  SAW bersabda (yang artinya), *_"Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat rasa sombong meskipun hanya sebesar atom (dzarroh)."_* (H.R.Muslim). 


🌺 ALLAH mengancam orang-orang yang sombong dengan ancaman berikut.


✅ Tidak akan bisa masuk surga sampai kapan pun. *_"Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka, dan mereka tidak akan masuk surga sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat.”_* (Q.S. Al A'raf: 40).


✅ Masuk neraka,  *_"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.”_*   (Q.S. Al-A'raf: 36).


🌺 PADA saat memohon kepada Allah agar usianya sampai hari ini, iblis berkata (yang artinya), *_"Ya Tuhanku. Beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan."_*(Q.S.  Sad: 79)


🌺 JUSTRU, puncak kesombongan tersebut ternyata diperbuat oleh manusia pengikut iblis. Dialah Fir'aun yang mendeklarasikan dirinya sebagai Tuhan. Fir'aun berkata, *_“Ana rabbukumul a'laa, Aku tuhanmu yang paling tinggi."_* (QS an-Nazi'at: 24).


🌸 *_SEMOGA Allah  senantiasa ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  keselamatan,  rahmat, kesehatan, keberkahan, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa kita,   serta  kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar