BERSYUKUR KETIKA MENDAPAT MUSIBAH?


**


_SUDAH menjadi sesuatu hal yang wajar ketika seseorang mendapat nikmat dunia apa pun bentuknya selalu mengucapkan  syukur,  yaitu alhamdulillah. Akan tetapi, pernahkah kita mengucapkan rasa syukur ketika mendapat ujian, musibah,  atau kondisi yang tidak nikmat dengan kalimat syukur?_


🌺 KARENA tingkatan tertinggi dalam menghadapi musibah adalah ketika seseorang malah mensyukuri musibah yang menimpa dirinya. Keadaan seperti itu yang didapati pada hamba Allah yang selalu bersyukur kepada-Nya.


🌺 HAMBA Allah tersebut melihat bahwa di balik musibah dunia yang menimpanya, ada lagi musibah yang lebih besar, yakni musibah agama. Musibah agama  lebih berat daripada musibah dunia. Sebab,  azab (siksaan) di dunia  masih lebih ringan daripada  siksaan di akhirat nanti.


🌺 ALLAH berfirman (yang artinya), *_“Dan, sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”_*  (Q.S. Al-Baqarah : 155)


🌺 MU’AWIYAH menyatakan bahwa  ia mendengar Nabi Muhammad (Rasulullah )  SAW bersabda (yang artinya), *_“Tidaklah suatu musibah menimpa jasad seorang mukmin dan itu menyakitinya melainkan akan menghapuskan dosa-dosanya.”_* (HR. Ahmad).


🌺 BELUM lagi  bahwa ketika Allah mencintai hamba-Nya, maka akan diturunkan berbagai musibah kepadanya. Musibah  tersebut  patut disyukuri kembali. Kenapa?


🌺 SEBAB,  ternyata seseorang yang tertimpa musibah,   sejatinya sedang disayang Allah.  Rasulullah SAW  bersabda (yang artinya), *_"Sesungguhnya balasan terbesar adalah dari ujian terberat. Jika Allah mencintai suatu kaum,  Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barangsiapa ridho, maka Allah pun ridho dan barangsiapa murka, maka baginya murka Allah.”_* (H.R. Tirmidzi)


🌺 MAKA, mari kita senantiasa tetap bersyukur di setiap kondisi, bersabar dengan rasa syukur. Sebab,  semua yang terjadi adalah bentuk rasa sayang Allah  kepada setiap hamba-Nya dan ikhlas menerimanya karena balasannya amatlah besar, yaitu kebaikan dunia dan akhirat.


🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa  ridho menganugerahkan  kepada kita semua:  kesehatan, keselamatan, rahmat, keberkahan, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dos-dosa kita, serta kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar