HAKIKAT MEMBANTU ORANG LAIN ADALAH MEMBANTU DIRI KITA SENDIRI

 


_KEHIDUPAN dunia ini  berjalan  sesuai dengan sistem sinergi. Tidak ada seorang pun yang sempurna. Semua pasti saling membutuhkan. Apa pun usaha dan jabatannya, kita membutuhkan orang lain. Pada saat kita membantu orang lain, sejatinya kita membantu diri kita sendiri. Sebab, berkat bantuan kita tersebut, bantuan dari Allah  (pertolongan-Nya) pun datang kepada kita ._


🌺 TANPA sinergi, roda kehidupan akan lumpuh. Karena itu, janganlah seseorang merasa hebat lantaran jabatan, kedudukan, atau kekayaan yang dicapainya. Sebab, semua tingkat penyelenggaraan tersebut terjadi lantaran adanya bantuan dan dukungan dari orang lain.


🌺 LEBIH dari itu, kondisi keterbatasan pada diri setiap orang juga tidak bisa dihindari. Boleh jadi dari segi harta kita serbacukup. Namun, ketika  tiba-tiba kita sakit, maka kita membutuhkan bantuan orang lain, yakni dokter.


🌺 DI situ kita  sadar bahwa kekayaan atau jabatan yang kita capai tidak menjamin kesempurnaan yang maksimal. Kita masih membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi.


🌺 BELUM lagi kita pasti akan mengalami masa tua, lalu meninggal dunia.  Atas semua situasi itu, kita pasti  membutuhkan bantuan orang lain. Bukan saja karena kondisi jasmani kita melemah, ketika kita meninggal dunia pun  harus orang lain yang memandikan, menyalatkan, dan menguburkan jasad kita.  


🌺 PUN pula, kenyataan dunia yang serba tidak pasti. Kadang-kadang secara tiba-tiba terjadi bencana: gempa bumi,  tsunami, letusan gunung api, longsor, banjir atau bencana kemanusiaan seperti menyebarnya wabah korona dan sebagainya. Itu semua menuntut keharusan adanya sikap saling membantu.


🌺 SALING membantu, terutama kepada mereka yang lemah dan tidak berdaya, baik melalui pintu yang hukumnya wajib, seperti membayar zakat, maupun yang hukumnya sunah, seperti sedekah, infak, dan sebagainya adalah keniscayaan.


🌺 KETIKA kita membantu orang lain, sejatinya kita  sedang membantu diri kita sendiri. Sebab, dari sini kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda (yang artinya),  *_"Allah akan selalu membantu hamba-Nya, selama hamba tersebut membantu orang lain.”_*  (H.R. Muslim). 


🌸 *_SEMOGA Allah senantiasa ridho menganugerahkan kepada kita semua kesehatan, keselamatan, rahmat, berkah, umur panjang, rezeki halal, ampunan atas dosa-dosa kita, dan kemudahan mengarungi kehidupan._*

Posting Komentar

0 Komentar